Tuesday, April 2, 2019

Perbedaan Kalimat Verbal Dan Kalimat Nominal (Verbal Sentence And Nominal Sentence)

Edukasi Bahasa Inggris-Perbedaan Kalimat Verbal Dan Kalimat Nominal..., Hi everybody……How are you? May in good condition and happy situation, amin. Lama rasa nya tidak berbagi dengan kawan2 blogger dan reader, karena kesibukan dan koneksi internet yang super lelet sehingga menjadi kendala dalam blogging, saya sudah jatuh hati ngeblog sejak 2013, saat itu saya sedang menyusun skripsi, karena baru mengenal dunia blogging, ku malah lupa tuk mengerjakan tugas akhirku “Skripsi”, wkwkwk sehingga kena cas 2 semester, wkwk…jangan ditiruya bro…..
Blog pertamaku adalah blog......blogspot.com, isinya tutorial blog, lalu meyusul dengan blog pendidikan bh singgris, karena latar belakang ku disini. Baiklah, Edukasi Bahasa lnggris kali ini akan share “Kalimat Nominal Dan Kalimat Verbal”, Sebelumnya saya sudah shere tentang tenses dan jenis-jenis kalimat, kemaren,kan di simple present ada rumus nominal dan verbal, nah oleh karena nya saya akan shere Apasih Kalimat Verbal? Kalimat verbal ialah kalimat yang mengandung/ ada aktivitasnya, seperti go, make, speak, sleep, eat, drink, ect…..
Edukasi Bahasa Inggris-Perbedaan Kalimat Verbal Dan Kalimat Nominal..., Hi everybody……How are you? May in good condition and happy situation, amin. Lama rasa nya tidak berbagi dengan kawan2 blogger dan reader, karena kesibukan dan koneksi internet yang super lelet sehingga menjadi kendala dalam blogging, saya sudah jatuh hati ngeblog sejak 2013, saat itu saya sedang menyusun skripsi, karena baru mengenal dunia blogging, ku malah lupa tuk mengerjakan tugas akhirku “Skripsi”, wkwkwk sehingga kena cas 2 semester, wkwk…jangan ditiruya bro…..  Blog pertamaku adalah blog......blogspot.com, isinya tutorial blog, lalu meyusul dengan blog pendidikan bh singgris, karena latar belakang ku disini. Baiklah, Edukasi Bahasa lnggris kali ini akan share “Kalimat Nominal Dan Kalimat Verbal”, Sebelumnya saya sudah shere tentang tenses dan jenis-jenis kalimat, kemaren,kan di simple present ada rumus nominal dan verbal, nah oleh karena nya saya akan shere Apasih Kalimat Verbal? Kalimat verbal ialah kalimat yang mengandung/ ada aktivitasnya, seperti go, make, speak, sleep, eat, drink, ect…..     Contohnya;   Saya memasak nasi (I cook rice)  Saya pergi kesekolah (I go to school)  Ayah membuat laying-layang (father makes kite)  Indah menyapu halaman (indah sweeps the yard)  Andi mengundang teman-temannya (Andi invites his friends), ect    Nah itu contoh, yang saya garis bawahi contoh diatas merupakan kata kerja yang yang ada aktivitasnya, so itu merupakan kalimat verbal.     Untuk rumusnya   (+) S + V1(s/es) + O + Adverb   (+) S + DO/ DOES + V1(s/es) + O + Adverb   (+) DO/DOES + S + V1(s/es) + O + Adverb?     Selanjutnya, untuk kalimat nominal, kalimat yang tidak mengandung aktivitas/ hanya menggunakan kata kerjabantu/ TOBE yaitu is, am, are, was, were.   Contohnya:   I am a student (saya adalah seorang pelajar)  He is a doctor (dia laki2 adalah seorang dokter)  They are very happy (mereka senang)  Dedi is handsome (dedi ganteng), ect.  Untuk rumusnya dibawahini gan, hehe   (+) S + TOBE (IS/am/are) + ANA   (-) S + TOBE (IS/am/are) + NOT + ANA   (?) TOBE (IS/am/are) + S + ANA?     Note   Contoh rumus diatas merupakan contoh dari rumus tenses yang pertama ya guys, baik nominal maupun verbalnya, jadi setiap tenses berbeda-beda rumusnya, namn yang membedakan antara kalimat nominal dan verbal itu ialah kaliamat verbal selalu menggunakan ordinary verb (kata kerja utama), seperti cook, sit, do, run, ect. sedangkan kalimat nominal menggunakan auxiliary verb (kata kerja bantu), yaitu is, am, are, was, were.     Hanyaitu sharing ku malam ini, semogabermanfa’atsaja, amin….
Contohnya; 
  • Saya memasak nasi (I cook rice) 
  • Saya pergi kesekolah (I go to school) 
  • Ayah membuat laying-layang (father makes kite) 
  • Indah menyapu halaman (indah sweeps the yard) 
  • Andi mengundang teman-temannya (Andi invites his friends), ect 

Nah itu contoh, yang saya garis bawahi contoh diatas merupakan kata kerja yang yang ada aktivitasnya, so itu merupakan kalimat verbal. 

Untuk rumusnya 
(+) S + V1(s/es) + O + Adverb 
(+) S + DO/ DOES + V1(s/es) + O + Adverb 
(+) DO/DOES + S + V1(s/es) + O + Adverb? 

Selanjutnya, untuk kalimat nominal, kalimat yang tidak mengandung aktivitas/ hanya menggunakan kata kerjabantu/ TOBE yaitu is, am, are, was, were. 
Contohnya: 
  • I am a student (saya adalah seorang pelajar) 
  • He is a doctor (dia laki2 adalah seorang dokter) 
  • They are very happy (mereka senang) 
  • Dedi is handsome (dedi ganteng), ect. 
Untuk rumusnya dibawahini gan, hehe 
(+) S + TOBE (IS/am/are) + ANA 
(-) S + TOBE (IS/am/are) + NOT + ANA 
(?) TOBE (IS/am/are) + S + ANA? 

Note 
Contoh rumus diatas merupakan contoh dari rumus tenses yang pertama ya guys, baik nominal maupun verbalnya, jadi setiap tenses berbeda-beda rumusnya, namn yang membedakan antara kalimat nominal dan verbal itu ialah kaliamat verbal selalu menggunakan ordinary verb (kata kerja utama), seperti cook, sit, do, run, ect. sedangkan kalimat nominal menggunakan auxiliary verb (kata kerja bantu), yaitu is, am, are, was, were. 

Hanyaitu sharing ku malam ini, semogabermanfa’atsaja, amin…. 

6 komentar